Kamis, 10 Mei 2012

Puisi Chairil Anwar


Doa Kepada Pemilik Teguh
Karya : Chairil Anwar
Tuhanku
Dalam termangu
Aku masih menyebut nama-Mu
          Biar susah sungguh
          Mengingat kau penuh seluruh
Caya-Mu panas suci
Tinggal kerdip lilin di kelam sunyi
          Tuhanku
          Aku hilang bentuk
          Remuk
Tuhanku
Aku mengembara di Negeri asing
Tuhanku
Dipintu-Mu aku mengetuk
Aku tak bisa berpaling


Sebuah Kamar
Karya : Chairil Anwar
Sebuah jendela menyerahkan kamar ini pada dunia
Bulan yang menyinar ke dalam
Mau lebih banyak bernyawa di sini
Sudah lima anak bernyawa di sini
Aku salah satu!
          Ibuku tertidur dalam sendu
          Keramaian penjara sepi selalu
          Bapakmu sendiri terbaring jemu
          Matanya menatap orang terselip di batu
Sekeliling dunia bunuh diri!
Aku minta adik lagi
Pada ibu dan bapakku, karena mereka berada di luar hitungan
Kamar begini,
3 x 4 m, terlalu sempit buat meniup nyawa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar