Senin, 16 Juli 2012

BIOLOGI (SD) : Alat Pernapasan Pada Manusia dan Hewan

PERNAPASAN

A.      ALAT-ALAT PERNAPASAN PADA MANUSIA DAN HEWAN

1)      Alat-alat pernapasan pada manusia
a.       Hidung
Di dalam hidung terdapat bulu-bulu hidung (rambut hidung) yang berfungsi untuk menyaring udara dan selaput lendir.
b.      Tenggorokan
Bercabang dua yang dinamakan bronkus, cabang yang satu ke paru-paru kanan dan yang lain ke paru-paru kiri. Di dalam paru-paru, bronkus bercabang lagi yang dinamakan bronkiolus dan berakhir pada gelembung-gelembung halus yang berisi udara yang disebut alveolus. Pada alveolus inilah terjadi pertukaran udara yaitu oksigen dengan karbondioksida dan uap air.
c.       Paru-paru
Paru-paru merupakan alat pernapasan yang paling penting, karena disinilah terjadi pertukaran udara. Paru-paru berjumlah sepasang paru-paru kanan yang terdiri atas tiga gelambir (lobus) dan paru-paru kiri yang terdiri atas dua gelambir. Masing-masing  gelambir terbungkus selaput yang disebut Pleura.
Pada saat kita menarik napas panjang, sehingga dada tersa penuh udara dan tidak dapat menghirup udara lagi,maka volume itulah yang disbut kapasitas total paru-paru.
Kapasitas total paru-paru : 5 liter udara
Kapasitas vital paru-paru : 4 liter udara
Kapasitas residu : 1 liter udara

Ada dua jenis pernapasan, yaitu :
1.       Pernapasan dada (torakal) : rongga dada mengembang dan mengempis sesuai dengan irama penarikan dan pengeluaran napas
2.       Pernapasan perut (abdominal) : rongga perut mengembang dan mengempis seirama dengan penarikan dan pengeluaran napas. Akibat paru-paru mengembang, volumenya bertambah besar dan tekanan udaranya berkurang sehingga udara luar masuk melalui hidung dan tenggorokan ke dalam paru-paru.

2)      Alat pernapasan pada hewan
Alat pernapasan pada hewan berbeda-beda , ada yang bernapas dengan paru-paru, insang, trakea dan kulit.
a.       Yang bernapas dengan paru-paru, yaitu : burung, reptil, ikan paus, sapi, kerbau, anjing, dll.
b.      Yang bernapas dengan insang, yaitu : ikan.
Proses pernapasan pada ikan :
Ikan yang hidup di air bernapas dengan insang. Air yang mengandung oksigen masuk melalui mulut, selanjutnya menuju ke insang. Di dalam insang, oksigen yang terlarut di dalam air diikat oleh darah yang terdapat dalam pembuluh darah insang. Itulah sebabnya mulut dan tertutup insang pada ikan selalu bergerak membuka dan menutup secara bergantian.
c.       Yang bernapas dengan trakea, yaitu : serangga
Trakea adalah pembuluh-pembuluh halus yang memenuhi seluruh bagian tubuh serangga dan bermuara pada stigma.
Stigma berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara.
d.      Proses pernapasan pada belalang :
Belalang bernapas dengan trachea/corong hawa. Prosesnya, udara masuk melalui lubang-lubang pada dinding tubuh yang disebut spirakel. Selanjutnya, udara masuk ke dalam cabang trakea menuju ke seluruh tubuh. Oksigen dihantar ke seluruh tubuh oleh cabang-cabang trachea. Dengan demikian darah pada belalang tidak mengangkut oksigen.
e.       Alat penapasan pada katak dan kecebong :
ü  Katak bernapas dengan paru-paru. Selain itu dapat menggunakan kulit dan selaput rongga mulut. Pada kedua alat ini, banyak terdapat pembuluh-pembuluh darah, sehingga oksigen dapat langsung beredar ke dalam darah
ü  Pada saat berbentuk kecebong, katak bernapas dengan insang

3)      Alat pernapasan pada tumbuhan
Tumbuhan hijau bernapas dengan mengambil oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan karbondioksida dan uap air. Gas-gas ini keluar dan masuk melalui Stomata (mulut daun) dan Lentisel ( pori-pori kulit batang). Tumbuhan yang tidak mempunyai hijau daun, bernapas tanpa memerlukan oksigen. Pernapasan yang menggunakan oksigen disebut Aerob dan yang tidak mneggunakan oksigen disebut Anaerob.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar